03 October 2015

Dosa Pengelolaan Keuangan dan Solusinya

Sebutan orang kaya versiku, adalah orang dengan aset yang banyak, bukan orang dengan penghasilan yang swupeeer besar. Buat apa penghasilan super besar, tapi tidak punya aset. Dan, sepengetahuanku, membangun aset itu memerlukan waktu, usaha, dan niat yang luar biasa.

Iya, niatnya harus luar biasa besar. Niat untuk menabung contohnya, harus ngempet beli ini itu, jajan ini itu, traveling sana sini. Maka dari itu, membangun aset, butuh ilmu yang namanya manajemen keuangan pribadi, atau pengelolaan keuangan.
Pintar Keuangan Sun Life
Nah, dipostingan kali ini, aku mau share ilmu pengelolaan keuangan yang aku dapet saat mengikuti Blogger Gathering Sun Life Financial.
Pengelolaan keuangan pribadi, biasanya terasa berat sekali. Ini disebabkan karena adanya "8 Dosa Sifat Manusia dalam Mengelola Keuangan". Apa sajakah itu?

1. TERPERANGKAP MITOS MASYARAKAT
Maksudnya? Kita terlalu percaya dengan omongan orang mengenai mitos-mitos soal uang. Contoh mitosnya tuh kaya gini :
  • Menjadi karyawan akan lebih meringankan hidup. Ini tidak salah, juga tidak terlalu benar. Menurutku satu-satunya keuntungan menjadi karyawan adalah mendapatkan gaji yang tetap setiap bulan. Untuk masalah dana pensiun dan dana kesehatan, pengusaha juga bisa dapat dengan mengikuti asuransi atau program DPLK. Ketika menjadi karyawan, gaji kita akan sulit naik, kecuali ada promosi jabatan.Sedangkan ketika menjalankan profesi keahlian (artis, blogger, fotografer, dokter, pengacara) dan pedagang, pendapatan ditentukan dari seberapa keras kita bekerja dan seberapa banyak kita menguasai skill. Betul ngga?
  • Manusia tidak peduli akan angka dan uang (karena ribet kali ya??)
  • Lebih baik memikirkan karya dan keuntungan daripada memikirkan membangun kekayaan.
Solusinya adalah jangan asal percaya sama mitos-mitos keuangan yang beredar. Setiap informasi yang ada harus dipilih dan dipilah berdasarkan pemahaman finansial kita. Not everything you hear is right, be smart wise person in the world because we only live once.

2. MEMILIH UNTUK BUTA FINANSIAL

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk buta finansial.
  • Pertama karena tidak memiliki waktu untuk belajar masalah keuangan. Terlalu sibuk dengan pekerjaan, anak, hang out, dll adalah alasan yang biasanya dikemukakan. Sebetulnya belajar keuangan itu tidak susah kok, coba aja follow twitter Sun Life Financial, disana buanyaaakk sekali tips-tips keuangan yang amat sangat membantu memahami financial planning. Di postinganku ini, ada beberapa gambar yang berasal dari twitter Sun Life Financial lho. Twitter Sun Life Financial -> twitter.com/sunlife_id
  • Kedua, tidak tertarik pada masalah finansial. Biasanya orang baru tertarik belajar finansial kalau sudah terlilit krisis finansial seperti terbelit hutang.. hehehe.. becanda ding.. Belajar finansial itu bukan soal tertarik tidak tertarik, tapi merupakan suatu kebutuhan untuk semua orang diluar sana yang sedang mengelola pendapatan dan pengeluaran. Jangan sampai kita baru tertari belajar keuangan ketika sudah tertimpa krisis finansial.

3. CENDERUNG BERJUANG DEMI BERTAHAN HIDUP BUKAN BERJUANG DEMI KEINGINAN HIDUP

Belanja, makan-makan, travelling apa betul bentuk keinginan yang seperti ini? Hmmm. ngga salah sih, tapi ngga terlalu benar juga. Tapi yang dimaksudkan disini adalah keinginan seperti bisa membiayai pendidikan anak di sekolah yang terbaik, menikah, beli rumah, beli mobil, punya emas berbatang-batang, dan punya usaha yang makmur.
Kalau cuma bertahan hidup, seperti makan minum, bayar hutang, tagihan aja, bisa dibayangkan seberapa hampanya hidup kita. Nanti tanpa sadar, umur kita sudah 60an dan belum ada satupun keinginan yang terwujud.
Keinginan hidup itu bisa diibaratkan seperti tujuan yang ingin kita raih, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Keinginan itu bisa lebih mudah tercapai jika ada dukungan dari orang terdekat, jadi jangan lupa untuk bertukar pikiran tentang keinginan kita kepada orang terdekat.
Selain itu, keinginan harus mulai diraih sedikit demi sedikit, karena keinginan manusia itu besar, tapi kemampuan kita yang tidak besar. Oleh karena itu, harus kemampuan yang kecil harus rutin dilakukan agar keinginan besar tercapai.

4. TIDAK MENETAPKAN TARGET FINANSIAL
Target finansial adalah daftar keinginan yang diberi tenggat waktu dan nominal rupiah.
Contoh sedehananya gini :
          ~ Aku ingin menikah dua tahun lagi.
          ~ Sekarang, tabunganku sekitar Rp. 20.000.000,00.
          ~ Tabungan pasangan Rp. 30.000.000,00.
          ~ Sedangkan perkiraan biaya pernikahan dua tahun lagi, Rp. 125.000.000,00.
Berarti target finansialku dan pasanganku adalah mengumpulkan Rp. 75.000.000,00 selama dua tahun.
Semakin dekat dengan jangka waktu itu, maka kami harus semakin gesit mencari uang agar tatget finansial tersebut bisa tercapai.


5. TIDAK MEMPRIORITASKAN KEMAKMURAN FINANSIAL DIRI SENDIRI
Beranikan diri menolak ajakan teman untuk hangout di cafe, makan di resto mahal, jalan-jalan ke luar negeri dan sederet pengeluaran yang tidak bijak lainnya ketika kemakmuran finansial dipertaruhkan. Lebay ya? Iya, izinkan di sendiri menjadi egois. Sadari cara kita menggunakan waktu, karena waktu berjalan cepat.

6. TIDAK MENGGUNAKAN UANG DENGAN BIJAKSANA
Ada banyak alasan mengapa kita sering membelanjakan uang dengan tidak bijaksana. Misalnya saja, suka berhutang.
Aku pernah memiliki teman, yang suka sekali berhutang. Ketika satu hutang lunas (padahal hutang lain belum lunas), sudah ingin menambah hutang baru lagi. Sebetulnya kebiasaan berhutang ini baik, asal berupa hutang tambahan modal kerja dan hutang untuk pembelian properti. Selain kedua alasan itu, aku pribadi tidak melihat ada hutang yang baik lainnya. Atau ada yang ingin menambahkan?
Selain kebiasaan suka berhutang, alasan lain seseorang tidak menggunakan uang dengan bijaksana adalah :
  • Membelanjakan uang untuk pelipur lara. Misalnya ketika galau, pinginnya nongkrong cantik di kafe. Atau habis dimarahi atasan, pinginnya shopping-shopping make-up yang lagi in, dress yang lagi happening. Hey, kalau memang hati sedang sedih, obat yang paling pas bukan foya-foya, tapi beribadah di tempat ibadah.
  • Belanja untuk menebus rasa bersalah. Biasanya ini dilakukan oleh bapak-bapak atau ibu-ibu yang supersibuk bekerja. Bapak Ibu menghadiahi anaknya dengan berbagai fasilitas berlebihan yang sebetulnya tidak perlu apalagi dibeli dengan uang hasil berhutang. Apa yang diperlukan oleh anak-anak kita adalah perhatian dalam bentuk setulus-tulusnya. Yah, walaupun belum pernah jadi bapak ibu, tapi sudah pernah merasakan jadi anak pertama yang ditinggal bapak ibunya kerja. 
  • Terperangkap obral. Diskon! Sale! Perempuan mana yang tidak tergoda belanja barang bagus diskon 70%. Kalau memang barang itu termasuk list kebutuhan kita tidak apa-apa beli. Tapi kalau bukan kebutuhan, mending ditunda dulu, inget-inget target finansial dulu ya. Sabarrrrr. Lagi belajar mengatur keuangan.

7. TIDAK MEMBUAT ANGGARAN
Dasar membuat anggaran sederhana adalah membagi pendapatan kedalam pos-pos pengeluaran, seperti ini :

Pengeluaran setiap bulan dibandingkan dengan anggaran yang ada, lalu dievaluasi kenapa bisa berlebihan di realisasi pengeluarannya. 

8. TIDAK MELAKUKAN INVESTASI

Jangan pernah menunda untuk berinvestasi, sebab ada yang namanya cost of delay.
Cost of delay adalah besarnya kerugian yang diderita karena menunda berinvestasi.
Misalnya Ani mulai menabung ketika berumur 18 tahun, dan berhenti menabung ketika berumur 25 tahun.
Sedangkan Beni mulai menabung ketika berumur 26 tahun dan berhenti menabung ketika berumur 65 tahun.
Keduanya sama-sama menyetorkan uang sebesar Rp. 10.000.000,00 setiap tahun.
Total rupiah yang disetorkan Ani selama 8 tahun adalah Rp.80.000.000,00. Walaupun berhenti menabung diusia 25 tahun, tabungan Ani tetap berbunga, sehingga saldo tabungan Ani diusia 65 tahun sebanyak Rp. 5.693.377.604.
Sedangkan total rupiah yang disetorkan beni selama 40 tahun adalah Rp.400.000.000,00. Dengan perhitungan bunga, total seluruh tabungan Beni adalah Rp. 54.868.518.112.
Jadi cost of delay Beni karena terlambat menabung sebesar Rp. 824.859.491.
Besar kan? Makanya, jangan tunda berinvestasi.

Perangkap delapan dosa finansial tadi yang bikin kita sulit untuk mengatur keuangan dengan baik dan benar. Hindari sebisa mungkin agar sehat finansial. Oke friend?

4 comments:

  1. Kabar baik!
    Nama saya Harriet Mark, warga indonesia, saya tinggal di jl.pinang, Pauh Kambar, nansabaris, padang rumput. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan nasehat konkrit kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Patricia james, pemilik organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar 700 juta rupiah (Rp700.000.000) dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Patricia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. INILAH KISAH NYATA SAYA . . . . . . .DENGAN SOLUSI CEPAT KAYA
      BAYAR HUTANG DENGAN CEPAT SUKSES DAN PUNYA USAHA SENDIRI
      MOMENT BERSEJARAH BUAT HIDUP SAYA DAN KELUARGA
      Saya membawa kabar baik kepada Anda semua warga negara indonesia saya di panggung ini, Tuhan telah benar-benar setia kepada saya dan seluruh rumah saya sejak bulan Mei 2017, kesaksian dan kabar baik saya berjalan seperti ini,
      Nama saya Y Sigit Wijatmaka, islam dalam agama dan saya berasal dari kota Serang indonesia, dengan alamat saya di bawah ini:
      Jl. Azalea 6 No. 65 Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, RT 005 / RW 007 Serang, saya seorang pemasar dan juga seorang penasihat bisnis di perusahaan tempat saya bekerja, saya ingin menggunakan platform ini untuk menginformasikan semua hal di platform ini yang yang membutuhkan dan mencari dana dengan cepat yang tulus.
      Saya dan istri saya dapat Anda lihat di foto profil saya berada dalam hutang yang sangat besar dan kami memutuskan untuk mencari pinjaman secara cepat dan instan tanpa resiko untuk melunasi hutang dan kami menghubungi KI JAMBRONG untuk mengajukan pinjaman dari PENARIKAN DANA GAIB yang pada bulan MEI 2017 yang lalu,
      INILAH KISAH PAHIT SAYA . . . .ATAU BISA DIBILANG DALAM SEJARAH HIDUP SAYA YANG KELAM
      kami ditipu oleh pemilik PERUSAHAAN dengan meminta kami membayar banyak biaya yang kami bayar dan pada akhirnya kami tidak mendapatkan pinjamannya, kami kehilangan sekitar 55 juta ke perusahaan pinjaman palsu di syngapore karena kami mengajukan pinjaman sebesar 1 miliar dan dengan semua biaya yang kami bayar, kami tidak mendapat pinjaman dan saya dan istri saya sangat frustrasi dan saya dipecat dari pekerjaan saya di perusahaan tempat saya bekerja karena saya juga mengambil pinjaman dari perusahaan tempat saya bekerja dan kami bangkrut dan muak dengan kehidupan .

      AWAL TITIK BALIK KEHIDUPAN SAYA. . . .BISA DIBILANG INILAH KISAH HIDUP SUKSES SAYA

      Jadi, Tuhan sangat baik hati, kami berdoa agar Tuhan mengarahkan kami ke seorang yang bisa membantu keadaan dan ke uangan kami,pada hari yang bersejarah dalam hidup saya tepatnya pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2017, saya sedang browsing internet ketika saya bisa menemukan kesaksian seorang wanita indonesia dengan nama Novi Setyaningsih dengan alamat facebook/email setyaningsihnovi@yahoo.com
      yang berasal dari kota megalang, bagaimana Tuhan mengubah kehidupan finansialnya melalui KI JAMBRONG dengan pinjaman DANA GAIB dia meminta saya untuk menghubungi KI JAMBRONG dan dia mengenalkan saya kepada KI JAMBRONG dan dia memberi saya keberanian UNTUK mengajukan pinjaman dari KI JAMBRONG dan saya pun menghubungi beliau dengan NOMOR 0853-1712-1219
      dan SAYA mendapat pinjaman dari KI JAMBRONG sebesar 5 MILYAR yang merupakan pemilik PADEPOKAN . PENARIKAN DANA GAIB yang kemudian mengubah hidup saya sebelumnya yang di hina dan tidak dihargai oleh orang ,sekarang saya sudah berkecukupan dan mapan sebagai 1 keluarga punya usaha sendiri dan MOBIL PRIBADI kemudian untuk informasi lebih lanjut tentang KI JAMBRONG bisa MENGHUBUNGI = 0853-1712-1219 BELIAU benar-benar membantu kehidupan saya pinjaman dari DANA GAIB benar-benar mengubah hidup saya TERIMA KASIH KI JAMBRONG SEMOGA SEHAT SELALU
      akhirnya 5 Milyar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219.)

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
  2. Kabar baik!
    Nama saya Anita George, warga negara Indonesia, saya tinggal di jl bojong pondok terung rt 003 rw 004 kel bojong tapi terung kec kec cipayung depok kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman agar berhati-hati karena internetnya penuh dengan kecurangan, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu baik. dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia dan singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya bercerita tentang seorang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Edith Donard, pemilik sebuah organisasi pinjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp350.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Edith Donard mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Edith telah melakukannya dalam hidupku dan keluargaku, aku memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksianku tentang Ibu. Edith, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Edith melalui email: (edithdonald05@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (anitageorge658@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Edith untuk pekerjaan baik dalam hidupku dan keluargaku.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    ReplyDelete

Leave me a comment to show me some love.
Link your blog and I will try to visit each and every one of them :-)
Thank you so much :- )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...