05 August 2015

Layanan Komplit BNI46

Ketika menyebut nama BNI46, persepsi semua orang pasti akan langsung teringat bangunan berwarna orange dan turquoise, dengan mbak-mbak teller dan cs yang cantik berseragam yang selalu tersenyum melayani. BNI46 memang identik dengan warna orange dan turquoise. Tapi, di postingan ini, akan dibahas lebih dalam mengenai performa layanan BNI46 yang selama ini pernah aku rasakan.


BNI46 memiliki layanan yang komplit, mulai dari layanan perbankan untuk anak-anak hingga untuk orang dewasa yang sudah pensiun.

Tabungan BNI

Layanan BNI Taplus Anak diperuntukkan untuk anak berusia kurang dari 17 tahun. Taplus anak bisa digunakan sebagai sarana belajar menabung sejak dini untuk anak-anak. Tabungan yang kedua adalah BNI Tapenas, tabungan ini digunakan untuk perencanaan masa depan dalam bentuk tabungan berjangka. BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas baru-baru ini mendapatkan penghargaan Peringkat Kedua Top Brand Award untuk Produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas. Sedangkan produk tabungan BNI yang diperuntukkan untuk orang dewasa dalam usia produktif, antaralain BNI Taplus Muda, BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Wirausaha, BNI Griya, BNI Emerald, dan BNI Credit Card Infinite. BNI Simponi dan BNI Fleksi Purna Plus diperuntukkan untuk orang dewasa yang sudah pensiun.

Pertama kali aku mengenal nama BNI46 ketika kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sebagai mahasiswa baru, wajib namanya punya kartu mahasiswa, dan kebetulan ketika itu pembuatan kartu mahasiswa ITS bekerja sama dengan BNI. Berbagai kemudahan untuk bertransaksi aku rasakan ketika itu, mulai dari membayar SPP semesteran, menyimpan uang, transfer, dan layanan ATM. Ketika memegang tabungan BNI - ITS, tidak ada potongan administrasi sama sekali di tabunganku. Ada banyak ATM BNI di ITS : di plaza dokter angka, di dekat PENS, di dekat kantin pusat, di pom bensin Keputih, dan di supermarket Sakinah. Aku sama sekali tidak pernah bingung mencari ATM ketika itu. Aku ingat sekali dulu, ketika menarik uang melalui ATM, ada opsi untuk mencetak atau tidak mencetak struk bukti pengambilan uang. BNI adalah pelopor Bank Go Green. Biasanya, setelah melihat struk tersebut, nasabah seringkali langsung membuangnya, dan ini perilaku yang tidak Go Green sama sekali, karena struk tersebut terbuat dari kertas, dan kertas tersebut terbuat dari pohon di hutan. Bayangkan berapa banyak pohon di hutan yang ditebang untuk mencetak struk yang hanya dilihat beberapa detik tersebut? Untuk menunjukkan aksi nyata mendukung gerakan Go Green, BNI menawarkan ke nasabah untuk tidak mencetak struk tersebut jika memang tidak dibutuhkan. Atas kepeduliannya untuk aktivitas Green Banking, BNI dianugerahi sebagai Pioneer in Green Finance in Indonesia dari PricewaterhouseCoopers (PwC), Kadin Indonesia, dan Indonesia Business Council for Suistanable Development (IBSCD).
BNI46 juga membuka cabang di ITS, dekat dengan kantin pusat, untuk memudahkan transaksi. Pembayaran SPP dan uang IKOMA menjadi lebih mudah, apalagi ruangan kantor cabang BNI nyaman sekali.

BNI ITS Surabaya

Setelah lulus kuliah, kartu mahasiswa yang juga berfungsi sebagai tabungan dan ATM harus dikembalikan kembali ke ITS. Selama menjadi nasabah ketika masih kuliah, pelayanan BNI di ITS aku rasakan sangat memuaskan. Saat diterima bekerja, tempat kantorku bekerja sama dengan BNI untuk rekening penggajian (payroll). Aku bersyukur sekali, karena potongan administrasi dan bunga di BNI taplus jelas dan transparan, tidak pernah ada kejadian, uangku tiba-tiba berkurang tanpa jelas kemana. Hal yang sama dirasakan oleh ayahku, sehingga adik-adikku dibuatkan rekening BNI Taplus Muda.
tabungan BNI46

Terlihat ada BNI Simponi ya? BNI Simponi itu untuk menyimpan dana pensiun. Aku mantap memilih DPLK BNI, walaupun ketika itu ditawari produk DPLK bank lain, karena aku mendengar cerita dari senior di kantor, DPLK yang pengembangan dananya paling mantap itu BNI.

Oh iya, semenjak bekerja, aku membuka BNI Internet Banking. Fungsi BNI Internet Banking ini adalah memudahkan transaksi tanpa harus pergi ke ATM. Kita bisa transfer, membeli pulsa, membeli token, dan melihat saldo tabungan. Biaya mengaktifkan BNI Internet Banking hanya Rp.10.000,00.

BNI internet banking

Selama menggunakan BNI Internet Banking, banyak sekali kemudahan yang aku rasakan. Aku bisa terus bertransaksi walaupun ketika libur hari besar dengan hanya connect ke internet. Kalau kalian suka connect internet dan ada keluhan ataupun pertanyaan mengenai layanan BNI46, silahkan disampaikan ke twitter @BNICustomerCare. Jawaban dari BNI Customer Care ini cepat sekali lho. Aku pernah merasakan sendiri bertanya ke @BNI CustomerCare dan tanggapannya cepat sekali, hanya 15 menit :)

BNI Customer Service


BNI juga berinovasi menghadirkan layanan ATM yang memudahkan penggunanya bertransaksi melalui layanan innovative channel. Innovative channel yang disediakan BNI ada ATM sepeda motor, kontainer outlet, ATM untuk penyandang disabilitas, dan BNI Layanan Gerak 4WD. Di Surabaya, ada beberapa innovative channel tersebut.

BNI ATM Drive Thru

BNI ATM Sepeda Motor

Aku sendiri pernah menggunakan semua ATM inovatif tersebut, dan memang lebih mudah, karena tidak perlu turun dari motor, mencari parkiran, dsb. Sepengetahuanku, BNI concern sekali dengan pelayanan kepada nasabah. Ruangannya, baik di kantor cabang maapun ATM selalu bersih, dingin, dan nyaman. Contoh di ATM Gallery yang banyak ditemui di Surabaya maupun Sidoarjo. Disana selalu ada ATM untuk setoran tunai. Ini memudahkan untuk setor uang sewaktu-waktu ketika hari libur dan kantor cabang tutup.
bni atm gallery

Kesimpulan dari tulisanku yang super panjang ini adalah secara keseluruhan, aku puas dengan pelayanan BNI. Baik dari pelayanan di kantor cabang, ATM, internet banking, customer services, dan produk tabungannya (BNI Taplus dan BNI Simponi). Selama ini, aku tidak pernah merasakan gangguan sama sekali ketika menjadi nasabah BNI. Sampai sekarang, aku belum ada niatan untuk berganti bank lain untuk layanan tabungan dan DPLK. Dalam waktu dekat, aku juga ingin membuka Kartu Kredit dari BNI. Bagaimana pengalaman kalian semua ketika menjadi nasabah BNI? Apa kalian termasuk salah satu nasabah BNI yang puas dengan layanannya?


Referensi :

  1. Company Profile BNI
69 tahun BNI

No comments:

Post a Comment

Leave me a comment to show me some love.
Link your blog and I will try to visit each and every one of them :-)
Thank you so much :- )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...